Castle Road: Jalan Berderet Kastil dari Jerman hingga Republik Ceko



Setelah ada Romantic Road, ada lagi  Burgenstraße atau jalan kastil di Jerman. Duh jalan macam apa lagi ini? :D Memang Jerman punya kastil? Setahu saya yang punya banyak kastil itu Inggris deh :p. Makanya, daripada penasaran yuk simak infonya di sini.



Castle Road di Jerman adalah jalan raya sepanjang lebih dari 1000 km yang dimulai dari Mannheim, Jerman dan membentang hingga kota Praha, Republik Ceko. Jalan ini melewati Bavaria dan Baden-Württemberg di Jerman bagian selatan, dan membentang dari barat ke timur melewati 70 kastil dan istana dari berbagai kota, karena itu disebut Castle Road (wah ternyata bukan hanya Inggris ya yang punya banyak sekali kastil, tapi Jerman juga). Sepanjang jalannya yang berliku, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah dan melewati beberapa jembatan yang melintas di atas sungai. Sepanjang rute Castle Road ditandai dengan penanda jalan berwarna cokelat yang bertuliskan Burgenstraße, yaitu ‘castle Road’ dalam bahasa Jerman.

Dengan panjang hingga 1000 km, banyak sekali kastil dan tempat yang bisa Anda singgahi di sepanjang Castle Road. Anda bisa mencari info detailnya dan juga petanya di situs resmi Castle Road di sini. Jika tidak mau kewalahan atau menghabiskan banyak waktu, saya sarankan Anda hanya memilih beberapa tempat saja yang paling menarik untuk dijelajahi, lalu menikmati sisanya sambil lewat. Saya pikir begini juga sudah cukup memuaskan.

Dan berikut beberapa tempat yang bisa Anda pertimbangkan:
1.  Castle of Heidelberg dan kota tua di Heidelberg
2. Castle Hotel Colmberg. Kastil yang dijadikan hotel. Menginap di kastil ini Anda bisa merasakan pengalaman langsung tinggal di kastil berusia 1000 tahun dan sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar yang menakjubkan
3. Rothenburg ob der Tauber. Kota tua abad pertengahan yang paling terjaga kelestariannya. Kota ini juga dilewati oleh Romantic Road.
4.  Castle of Neuenstein
5.  Imperial Castle of Nuremberg, yang juga menjadi tempat salah satu Christmas Market terbaik di Jerman.
6.  New Palace dan Old Palace of Bayreuth.

Bagaimana cara menelusuri Castle Road?
- Karena jalan raya, Castle Road paling mudah diikuti dengan mobil atau mungkin bus tur. Jika Anda berniat menelusurinya dengan mobil dari awal hingga akhir, waktu yang dibutuhkan minimal 3-4 hari.
- Alternatif lain adalah dengan naik kereta. Hampir semua kota yang dilewati Castle Road memiliki stasiun dan kebanyakan rutenya sejajar dengan Castle Road. 

(foto: Kandschwar @de.wikipedia .org)