Tempat Wisata di Jogja Terbaru "Blue Lagoon" Sleman


Tempat Wisata di Jogja Terbaru "Blue Lagoon" Sleman | Sebuah kolam alami berwarna biru tosca bening yang belum banyak terjamah orang dan letaknya ternyata tidak jauh dari kota Jogja, ini bisa menjadi alternatif terbaru untuk melepas penat. 
Saya baru tahu tempat ini dari kawan saya beberapa hari yang lalu. Belakangan ini karena kota Jogja suhunya mencapai 35 derajat celcius ke atas, ruangan di dalam rumah terasa panas. Rasanya ingin sekali berenang ke kolam air tersebut. 

Saat ini tempat ini sedang menjadi trending topic daftar Wisata di Jogja Terbaru dan saya memilih hari biasa untuk ke sana supaya tidak terlalu ramai. Sesampainya di sana, waow yang datang udah banyak juga yah, terkejut saya. Dari parkiran motor sudah terlihat jajaran kuda besi.  

Pemandian yang dinamakan tirta budi ini sebenarnya sudah ada sejak dulu  di 
Dusun dalem, desa widodomartani, ngemplak, sleman, 
Kata bapak penjaga loket tiket, tempat ini menjadi populer beberapa bulan yang lalu akibat para mahasiswa yang sedang ada kegiatan di sana membuat website untuk pemandian ini. 

Sebenarnya di tahun 2009 saya pernah penelitian di desa ini dan tinggal di base camp yang letaknya hanya 200 meter dari dusun dalem, tetapi kok saya ga tau tempat ini ya?

Menurut saya wajar saja tempat seperti ini menjadi booming didatangi banyak pengunjung. Mereka juga pasti penasaran. Siapa yang tidak penasaran melihat air dengan biru alami yang terlihat sangat segar? 

Daftar Wisata di Jogja yang menyuguhkan mata air memang banyak , sendang atau umbul tetapi tidak sesegar suasana di tirta ini. Kalaupun ada pemandian seperti ini biasanya tepiannya sudah disemen atau dibentuk seperti kolam renang, dan itu menjadi kurang alami. 

Tempat Wisata pemandian ini juga mengingatkan saya akan masa kecil saya bermain di belik dan sungai di dekat rumah saya yang sekarang sudah tidak seperti dahulu lagi. Sungainya kotor dan beliknya sudah tidak keluar airnya. Saya benar-benar menikmati nostalgia masa kecil saya di sini. 
Tirta budi juga memiliki beberapa sendang yaitu sendang lanang dan sendang wedok yang pada waktu dahulu dipakai masyarakat untuk mandi dan mencuci. 

Selain Tempat Wisata di Jogja Terbaru "Blue Lagoon" didekat area itu juga terdapat laguna biru dan sendang, sungainya juga bersih dan alami dengan beberapa pancuran air tanah dari sisi sungai. Lalu kenapa warnanya bisa terlihat biru? saya rasa karena kedalamannya: 
Sekitar 3 meter dan sumber airnya memang masih sangat bersih. 
Karena dalam inilah beberapa orang berani beradu loncat tinggi silih berganti. 

Selain itu di mata air ini juga terdapat 
ikan-ikan kecil yang suka memakan kulit mati alias ikan terapi. 
Jadi kalau tidak berani berenang bisa duduk dipinggirannya sambil menikmati sensasi gigitin ikan. Wilayah sleman utara sebagai tempat penyimpan mata air tanah utama di Provinsi DIY, saya kira memiliki ratusan mata air atau sendang atau sungai yang masih sangat alami. lain kali saya akan bagikan kepada para sahabat listreviews untuk tempat baru yang tidak kalah menarik dengan Tempat Wisata di Jogja Terbaru "Blue Lagoon" Sleman. semoga bermanfaat ya.