[Terbaru] Lokasi Tempat Wisata Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya


Lokasi Tempat Wisata Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya - Kota Kediri Jawa Timur merupakan salah satu kota yang banyak mempunyai tempat wisata menarik dan patut untuk di kunjungi karena punya berbagai ragam tempat wisata yang punya potensi atau daya tarik sendiri-sendiri. Dari wisata alam, wisata pendidikan, wisata religi sampai wisata sejarah bisa di temukan di Kediri.

Lokasi Tempat Wisata Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya 

Tempat Wisata Kediri dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi
Saat ini Kota Kediri sedang giat-giatnya promosi wisata dan pendidikan dengan slogan "sowan kediri". Pemerintah Kediri mengundang wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Kediri , baik wisatawa lokal maupun wisatawan luar negeri. Karena potensi wisata Kediri memang layak dijual dan dipromosikan. Sedikit tertinggal dengan Wisata Malang atau Wisata Batu Malang yang nota bene masih tetangga Kabupaten. Namun langkah-langkah yang di ambil sudah cukup tepat dengan mengangkat sektor pariwisata untuk meningkatkan pendapatan daerah dan penduduk sekitar tempat wisata di Kediri.

Daftar Tempat Wisata Di Kediri Jawa Timur dan Sekitarnya  


1. Wisata Gunung Kelud - Wisata Kediri

Gunung Kelud menjadi satu tempat wisata yang paling terkenal di Kediri. Karna punya keunikan tersendiri yang jarang dipunyai oleh tempat lai di wisata Indonesia. Hal yang paling menarik adalah adanya kubah lava, namun setelah letusan Gunung kelud 2014, kubah lavany menghilang di gantikan dengan danau kawah yang berwarna kebiruan, sangat mirip denga Wisata kawah Ijen banyuwangi. Disisi lain, saat ini terdapat "segoro wedi", sebuah hamparan lautan pasir yang ,mirip dengan obyek gunung Bromo.

2. Monumen Simpang Lima Gumul - Wisata Kediri

Sebuah monumen yang terletak di Gumul yang menjadi icon Kota Kediri. Tempat bersantai muda-mudi untuk menikmati sunset dan panorama kediri. Monumen Kediri berhias dengan ukiran-ukiran khas lokal dan relief yang menggambarkan cerita rakyat atau sejarah  kota Kediri.
Lokasi yang hanya berjarak ± 6 km (± 10 menit) dari kota Kediri atau ± 120 km (± 2,5 jam) dari Bandara Juanda Surabaya. Kawasan ini diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat (Central Business District ) sudah mulai melengkapi diri dengan convention hall dan gedung serbaguna, Bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU, dan sarana rekreasi megah Water Park Gumul Paradise Island.

3. Air Terjun Dolo - Wisata Kediri

Sebenarnya ada beberapa air terjun di Kediri , namun yang kami rekomendasikan adalah Air Terjun Dolo karena panorama  alam serta suasana yang dingin sejuk di sepanjang jalur ke air terjun ini akan mengobati rasa letih anda. BUtuh sedikit tenaga untuk kesini , yaitu dengan mendaki sampai tiba di Air Dolo. Kelebihan lainnya saat ke sini anda bisa sekaligus wisata agro yaitu  wisata petik strawberry (saat musim).
Tempat wisata ini terletak di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Jarak tempuh dari Kota Kediri ke arah barat, ± 25 km (± 45 menit), atau ± 150 km (±3,5 jam) dari Bandara Juanda Surabaya. Meski agak jauh, tapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah dan mudah.
Bagi pecinta Hiking (mendaki gunung), Gunung Besuki merupakan alternatif yang sangat menarik untuk ditaklukan dan dinikmati. Rasa lelah dan haus akan terobati saat mencapai Air Terjun Dolo, kesejukan dan panoramanya sangat mempesonakan pengunjung, lokasinya yang berada tengah kawasan hutan gunung besuki menambah asri dan sejuknya kawasan ini. Ketenangan dan kenyamanan yang disuguhkan tentunya akan memanjakan Anda yang biasa terbelenggu dalam rutinitas dan kepenatan suasana kerja dan aktivitas perkotaan. Berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dengan jarak tempuh kurang lebih 30 kilometer dari Kantor Kabupaten Kediri, cukup terjaga dari kebisingan dan polusi pusat kota.
Keindahan obyek wisata ini semakin lengkap dengan adanya udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, ditambah suasana yang hijau dan tenang dan kealamian dari air terjunnya sendiri. Lokasi Air Terjun Dolo dapat dilihat dari Satelit melalui Google Maps dengan koordinat 7°52'10"S 111°50'5"E yang dapat dilacak melalui GPS ataupun Ponsel dengan GPS support.

4.Candi Surowono Wisata Kediri

Candi Surowono adalah peninggalan Kerajaan Majapahit. Jadi Candi ini mencirikan khas bentuk dari Candi peninggalan agama Hindu. Kelebihannya adalah indahnya relief-relief yang terukir di dinding Candi Surawono.

5. Bendungan Gerak Waru Turi Wisata Kediri

Salah satu bendungan yang sudah dikelola dengan bagus untuk tempat wisata menari, karena fasilitas juga sudah cukup lengkap seperti kolam pemancingan, kolam renang, lapangan golf, taman air, panggung hiburan, taman bermain anak dan masih banyak lainnya, hampir mirip dengan wisata Bendungan Selorejo Ngantang Malang.

6. Gumul Paradise Island Wisata Kediri

Informasi Lebih Lanjut Hubungi:
Contact Person:
NADIRIN : 081335432870
DENI :  081331709567
ELA : 081330922353
IIN : 082140648324
SUNAWAN : 081359209236
Salah satu tempat bermain air, jadi sangat cocok untuk anak-anak maupun kaum muda. Merupakan tempat wisata keluarga yang mempunya banyak wahana bermain seperti kolam jamur, speed slide, kolam bak tumpah, bahkan flying fox. Fasilitas disini sudah cukup lengkap seperti Mushola, toilet, loker, toko souvenir, dan fasilitas keamanan yang terjamin juga disediakan di kawasan ini. 

7. Rafting di Kediri Wisata Kediri

Salah satu olah raga air yang di gemari para pecinta Adventure. Lokasi rafting kediri adalah di SUngai Konto dengan start point dari Desa Diman sampai desa Damarwulan. Safety dan keamanan yang di punya pengelola rafting di Kediri juga sudha bagus. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kemanan dan keselatan Anda saat berrafting ria di Kediri.

8. Gereja Tua Pohsarang Wisata Kediri

Salah satu lokasi devosi yang paling terkenal di Jawa Timur. Gereja tua Pohsarang ini dibangun tahun 1936 dan sudah mengalami beberapa kali renovasi. Namun dari rentetan renovasi itu, bentuk asli gereja masih terjaga. Altar gereja dari batu masih yang beratnya mencapai tujuh ton dan berhias pahatan rusa, altar luar berbentuk Stupa Borobudur, menara berbentuk Candi Buntar, pendopo, perangkat gamelan sebagai pengiring misa, tabernakel batu dengan desain batu terguling, makam, dan lain-lain, masih bisa kita temui di Gereja Pohsarang. Kawasan ini Terletak + 6 km, + 15 menit dari Kota Kediri.

9. Sumber Ubalan Wisata Kediri

Sumber Ubalan terletak di hutan lindung yang di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman langka dengan luas sekitar 10 Ha. Tidak hanya itu, untuk menarik minat pengunjung ke tempat wisata ini , pengelola menyediakan berbagai fasilitas yang menarik seperti kolam renang, sepeda air, kolam pemancingan, taman yang asri, serta panggung hiburan.

Semoga artikel daftar obyek wisata di Kediri diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat Anda yang ingi berlibur ke kediri Jawa Timur. Karena Kediri juga mempunya tempat wisata yang di unggulkan dan punya daya tarik tersendiri.